BISNIS PLAN USAHA “S GRIM”



BAB I
PENDAHULUAN
1.1    LATAR BELAKANG USAHA
Es krim merupakan makanan yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat. Membayangkan es krim akan terbayang kelembutan dan kelezatan rasanya. Rasa yang manis, gurih, dingin dan lembut amat menggugah selera. Pembuatan es krim sebenarnya sederhana saja, yakni mencampurkan bahan-bahan dan kemudian mendinginkan. Es krim yang biasanya terdapat di pasaran biasanya terbuat atau berbahan dasar susu cair. Es krim salah satu cemilan yang digemari masyarakat banyak terutama kalangan anak-anak hingga orang dewasaDi Indonesia sendiri Es krim adalah panganan yang mudah ditemukan, apalagi di negara tropis seperti ini.
Adapun latar belakang dari pemilihan usaha ini adalah dikarenakan iklim indonesia yang teropis sangat mendukung bisnis es krim sehingga pasar bisnis es krim sangat mudah dicari, kemudian karena kami masih di bangku perkuliahan dan tempat tinggal kami tidak jauh dari universitas maka bisnis ini sangat cocok untuk kami jalankan.
1.2    TUJUAN
Dengan adanya ide usaha yang terlintas begitu saja maka kami ingin menciptakan sebuah makanan es krim yang berbeda, yaitu es wadai, disini es wadai memiliki berbagai macam rasa yang biasanya banyak di sukai oleh anak-anak kecil sampai orang dewasa. Maka dari itu kami ingin membuat sebuah usaha kecil-kecilan yang bermodalkan kecil saja, namun mudah-mudah bisa menjadi sebuah perusahaan besar yang bergerak dibidang es krim utamanya.
Kemudian dapat melatih kami dalam berwirausaha dan menginspirasi mahasiswa lain dalam menjalankan serta mengembangkan kreatifitas usaha yang akan mereka tekuni. Dari pembuatan proposal ini dapat memberi informasi kepada konsumen tentang manfaat dan keanekaragaman es krim.
Jika usaha ini terus dijalankan dan dikembangkan maka akan dibutuhkan banyak karyawan-karyawan, sehingga dari usaha es krim ini dapat memberi peluang kepada orang lain untuk mendapatkan pekerjaan, dalam kata lain dapat mengurangi pengangguran.
1.3     RUMUSAN MASALAH
1.      Bagaimana konsep perencanaan dalam manjalankan program bisnis es krim?
2.      Bagaimana cara pemasaran produk es krim?
3.      Bagaimana rencana anggaran dalam program bisnis es krim?


1.4    PROFIL USAHA
Nama Usaha : S GRIM
Nama Produk : es krim / es wadai
Jenis Usaha : Dagang
Alamat Usaha : JL. Alam Seger 4
No. Telepon : 089620360420
1.5    VISI DAN MISI
Visi :
·         Menjadikan Toko es krim menjadi perusahaan yang dapat menciptakan berbagai es krim yang unik.
·         Dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru.
·         Dapat disukai oleh semua kalangan masyarakat ataupun semua umur pada umumnya.
Misi :
·         Menjadikan usaha es krim lebih terkenal dan tersebar di seluruh kalangan.
·         Dapat mengatasi pengangguran.
·         Menarik konsumen dengan memanfaatkan peluang pasar



BAB II
KONSEP BISNIS DAN PEMASARAN
2.1  Peluang Pasar
Peluang pasar sampai saat ini masih terbuka luas dan sangat menjanjikan bagi bisnis es krim ini, karena beberapa alasan yaitu :
1.      Iklim Indonesia yang ” panas ”
Indonesia adalah negara yang memiliki iklim teropis dengan cuacanya yang panas, ditambah lagi dengan pemanasan global yang sangat berdampak pada peningkatan suhu di hampir seluruh Indonesia. Kota-kota yang dulu terkenal dingin dan sejuk, kini tidak lagi seperti itu. Gedung-gedung bermunculan, pohon-pohon berkurang, hal ini mengakibatkan semakin panasnya lingkungan kita. Kondisi ini memberikan peluang bisnis es krim di Indonesia semakin luas dan tumbuh tanpa batas waktu.

2.      Tidak butuh modal yang besar
Untuk memulai usaha es krim kita tidak memerlukan modal yang besar, karena usaha ini dapat dimulai dengan usaha kecil-kecilan tanpa menggunakan alat yang tidak terlalu canggih, hanya saja modal di perlukan untuk membeli perlengkapan dan pralatan yang dibutuhkan dengan harga yang tidak terlalu mahal.

3.      Es krim disukai oleh semua kalangan
Es krim tidak hanya disukai anak-anak, tapi juga oleh orang dewasa. Terlebih es krim bisa disajikan dengan berbagai rasa dan bahan tambahan untuk menarik perhatian konsumen.

4.      Keterampilan yang diunggulkan
Keterampilan yang menarik pada produk akan menjadi daya tarik konsumen untuk memebeli produk tersebut. Bahakan tidak hanya keterampilan dari produk itu saja melainkan keterampilan dari dekorasi tempat pemasaran produk.

2.2  Daerah Pemasaran
Daerah yang menjadi target pemasaran cukup dengan mencari tempat yang ramai dan strategis, misalnya mall, kampus, sekolah, pasar, pantai dll.

2.3  Produk yang Diusulkan
Es krim dengan berbagai campuran rasa  seperti mocca, vanilla dan stroberi

2.4  Harga Penjualan
Masing-masing varian es krim dijual dengan harga yang sama yaitu Rp 5.000,00

2.5  Persaingan dan Strategi Bersaing
1.      Aspek Pemasaran
·         Permintaan Pasar
Banyak peminat produk es krim ini karena di lihat dari iklim di negara kita, bahwa setiap harinya akan terasa panas.

·         Peluang Pasar
Mahasiswa dan masyarakat banyak menyukai es krim, apalagi harga yang pas di kantong. Kemudian di dukung dengan lokasi yang dekat dengan Universitas.

·         Strategi Penjualan
Dijual di gerobak dan lokasi pemasarannya dekat dengan Universitas.

·         Strategi Penetapan Harga
Penetapan harga di hitung dengan pembelian bahan 1 kali produksi, dikurangi sedikit untuk modal tetap dan sedikit mengambil keuntungan.

·         Strategi Promosi
Melalui brosur yang disebarkan kemasyarakat dan mahasiswa, untuk harga pertama dikenakan harga promosi.

·         Tenaga Kerja
Pada awalnya tidak membutuhkan tenaga kerjatetapi jika permintaan pasar bertambah maka akan dibutuhkan tenaga kerja.

2.      Aspek Produksi
·         Persiapan Tata Letak
Letak usaha es krim di pinggir jalan atau pun dijalan masuk gang disekitaran kampus

·         Pemenuhan Bahan Baku
Bahan Pembuatan Es krim
1)      Tebung hunkue (rasa vanilla dan coklat
2)      Santan
3)      Susu Mocca
4)      Gula halus
5)      Toping
·         Tempat memproduksi
Untuk es krim nya di buat di rumah tempat tinggal salah satu dari kami.

3.      Analisis SWOT
·         Strenght (kekuatan)
·         Memiliki banyak peminat.
·         Mengandung nutrisi bagi tubuh karena terdapat buahnya.
·         Weakness (kelemahan)
·         Banyaknya pesaing yang beroperasi  di daerah tempat yang sama
·         Opportunities (peluang)
·         Kedepan peluang usaha ini dapat dikembangkan lebih luas.
·         Menerima pesanan/langganan.
·         Threath (hambatan)
·         Banyak jenis usaha yang sama sebagai pesaing.
Identifikasi peluang usaha berdasarkan kekuatan dan kelemahan. Usaha ini saya buka disekitaran kampus karena banyak mahasiswa yang pastinya berminat untuk membeli. Untuk pesaing usaha pasti ada, tapi untuk jenis produk yang seperti ini belum ada. Karena keterampilan yang tinggi pada produk ini menjadi kelebihan tersendiri dari produk-produk yang lain dan ditambah lagi dengan rasanya yang lezat akan mengundang konsumen untuk membeli produk es krim yang saya tewarkan.
  



BAB III
PERINCIAN BIAYA KEUANGAN
3.1   RINCIAN PERLENGKAPAN
No
Nama Barang
Jumlah
1.
Meja
1
2.
Kursi
2
3.
Kantong Plastik
1 pak
4.
Pisau
1
5.
Serbet
1
6.
Wadah es Krim
1
7.
Kulkas
1

3.2     RINCIAN BIAYA
No
Nama Bahan
Satuan
Harga Satuan
Total
1.
Santan
1 Plastik Gula
Rp 5.000,00
Rp 5.000,00
2.
Tepung hunkue
3 Rasa
Rp 9.000,00
Rp 14.000,00
3.
Gula Halus
1 Kg
Rp 14.500,00
Rp 28.500,00
4.
Bubuk Vanilla
1
Rp 12.000,00
Rp 40.000,00
5.
Bubuk Mocca
1 Bungkus
Rp 15.000,00
Rp 55.500,00
6.
Coklat
1 Batang
Rp 15.000,00
Rp 70.500,00
7.
Meses Ceres
1
Rp 9.500,00
Rp 80.000,00
8.
Kacang  Mete
½ kg
Rp 35.000,00
Rp 115.000,00
9.
Plastik
1 pak
Rp 7.000,00
Rp 122.000,00

Modal awal usaha es krim yang dibutuhkan dari data-data di atas adalah sebagai berikut:
Total : Rp 122.000,00
Dari bahan yang tersedia, dapat dibuat es krim sebanyak 200 buah. Harga es krim per buahnya adalah Rp 5.000,00 sehingga di dapat :
Penghasilan Kotor : Harga per buah es krim X Es krim yang dihasilkan
Rp 5.000,00 x 150
Rp  750.000,00
Perkiraan laba yang di dapat :
  1. Penghasilan kotor (satu kali produksi) Rp 750.000,00
  2. Modal awal untuk membeli bahan-bahan Rp 122.000,00
Laba awal yang didapat :
=Rp 
750.000,00 – 122.000,00
=Rp 
628.000,00

BAB IV
KESIMPULAN
Dari pembahasan yang telah dijelaskan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa usaha es krim ini dapat membuka peluang usaha yang cukup besar dengan memperkuat konsep dan pemasaran yang akan dilakukan agar usaha ini lebih maju dan lebih besar lagi.
Selain itu usaha ini dapat dimulai dengan modal yang tidak terlalu besar tetapi laba yang didapatkan sangat memuaskan. Selain itu, jika usaha usaha ini terus dikembangkan maka banyak tenaga kerja yang dibutuhkan dalam usaha ini. Sehingga dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi yang membutuhkan pekerjaan.
Dan dalam hal keuntungan atau laba juga cukup menjanjikan karena dalam waktu 1 bulan, diperkirakan modal telah kembali.


Comments

Popular Posts